image

Divisi Musik

Divisi Musik bertugas untuk menjalankan kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas musikal anggota dan seluruh civitas akademika IPB, serta mengelola alat musik yang dimiliki MAX!!. Divisi ini merupakan divisi yang berfokus pada kegiatan bermusik itu sendiri. Anggota-anggota divisi Musik dituntut untuk dapat bermain musik dan memiliki minat yang tinggi dalam bidang tersebut, serta memiliki keinginan yang kuat untuk mengembangkan kemampuan diri dan lingkungannya dalam bermusik. Divisi Musik memiliki anggota yang memainkan berbagai alat musik dan berbagai genre. Seorang anggota divisi Musik tidak harus memiliki skill bermusik yang tinggi, tetapi harus memiliki keinginan untuk mencapai hal tersebut.

"Divisi Musik bertugas untuk menjalankan kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas musikal anggota dan seluruh civitas akademika IPB, serta mengelola alat musik yang dimiliki MAX!!."

Dalam menjalankan tugasnya, Divisi Musik memiliki beberapa program. Di antaranya adalah Coaching Clinic. Coaching Clinic merupakan media pelatihan anggota MAX!! dalam memainkan alat musik. Dalam Coaching Clinic MAX!!, anggota diberikan teori dan materi latihan berdasarkan alat musik pilihannya, seperti gitar akustik, gitar elektrik, bass, keyboard, dan drum lain-lain. Pelatih-pelatih Coaching Clinic MAX!! adalah orang-orang yang dikenal memiliki kompetensi yang cukup tinggi dalam alat musik yang dikuasainya.

Program lain dari Divisi Musik adalah MAX!! Management. MAX!! Management merupakan program manajemen musisi MAX!!. Melalui MAX!! Management, dibentuklah berbagai grup musik di dalam MAX!! seperti band atau vocal group. Pembentukan ini tidak didasarkan kepada skill, tetapi lebih kepada style dan karakter masing-masing personilnya. Beberapa anggota yang dirasa memiliki kecocokan dalam hal-hal tersebut dikumpulkan dalam sebuah grup musik dan diorbitkan oleh MAX!! untuk mengisi acara-acara yang diselenggarakan di kampus IPB atas nama MAX!!. Namun program MAX!! Management tidak hanya mengorbitkan grup bentukannya, tetapi juga semua grup yang dibentuk di dalam MAX!!.

Selanjutnya ada juga program Jamming Session. Program ini dikhususkan untuk musisi-musisi di dalam MAX!! agar dapat saling menunjukkan dan mengetahui style dan skill anggota MAX!! lainnya. Program ini dapat menjadi ajang unjuk kebolehan, membentuk band, dan melepas penat di sela-sela kesibukan kuliah.

Divisi Musik juga bertugas mengelola alat-alat musik yang dimiliki MAX!!. Sebagai satu-satunya UKM yang bergerak di bidang seni musik kontemporer, MAX!! menyewakan alat-alat musik yang dimilikinya untuk dipakai di berbagai acara di kampus IPB. Alat-alat musik tersebut harus dikelola dan dirawat agar siap digunakan saat diperlukan. Mengelola dan merawat alat-alat musik tersebut merupakan salah satu tugas dari divisi Musik.

Divisi Musik merupakan divisi yang bermusik dalam arti riil. Divisi ini memiliki kepentingan dalam mengembangkan minat anggota MAX!! dan seluruh civitas akademika IPB dalam bidang musik.