image

ACRA 2017 "Music Without Barriers"

Posted in ACRA on Nov 24, 2017

Art Collaboration and Revolutionary Action (ACRA) adalah sebuah acara tahunan terbesar Unit Kegiatan Mahasiswa Music Agriculture X-Pression!! (UKM MAX!!) yang merupakan acara musik terbesar di IPB. Hingga saat ini memasuki tahun ke-7 penyelenggaraan, ACRA tetap berkomitmen untuk menjadi acara musik yang menyuarakan gerakan-gerakan sosial. Musik begitu universal, sehingga UKM MAX!! melalui ACRA berupaya untuk menjadi media pergerakkan positif para penikmat musik semua kalangan. 

Sejak tahun 2014, ACRA konsistenmenyuarakan gerakan sosial yang memberikan manfaat bagi banyak pihak. Pada tahun 2014 ACRA menggandeng Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) sebagai upaya untuk bersama-sama mengajak para pemuda mengenal dan menghargai jasa para pahlawan dengan mengangkat tema “Music/Nation/Movement”. Musik identik dengan suatu hal yang bebas, dan tidak jarang dipandang negatif oleh sebagian orang, pada tahun 2015 ACRA dengan tema “No Free Sex, No Drugs, Music Against AIDS” bersama Yayasan AIDS Indonesia (YAIDS) kembali mengajak para penikmat musik untuk memberikan dukungan terhadap para survivors AIDS dan hidup lebih sehat. Musik kerap didengarkan secara illegal dan disalahgunakan oleh banyak pihak. Oleh karena itu, UKM MAX!! sebagai UKM yang berlandaskan kecintaan terhadap musik menggandeng Institut Musik Jalanan (IMJ) dalam ACRA 2016 untuk menyuarakan gerakan “Save Original Music”. ACRA 2016 mengajak masyarakat luas penikmat musik untuk menghargai musisi dengan menikmati karyanya secara legal dan  mengajak masyarakat pecinta musik untuk berkarya. 

Memasuki tahun ke-7, ACRA 2017 menyuarakan gerakan “Music Without Barriers” dengan menggandeng Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) dan Institut Musik Jalanan (IMJ). Musik terbukti begitu universal dengan banyaknya orang-orang dengan keterbatasan fisik di luar sana yang bisa terus berkarya. YPAC sebagai yayasan yang menaungi anak-anak dengan keterbatasan fisik, menjadikan musik sebagai salah satu media anak-anak untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengembangkan bakat dan minat mereka. Institut Musik Jalanan juga membuktikan bahwa musik dapat memberikan semangat dan motivasi positif bagi orang-orang dengan keterbatasan fisik. Hingga saat ini IMJ telah berhasil menaungi musisi-musisi jalanan dengan keterbatasan fisik berjumlah kurang lebih 10 orang yang tergabung dalam dua  kelompok musik. Semangat mereka menginspirasi kami untuk menyuarakan gerakan “Music Without Barriers” agar semakin banyak orang yang berani berkarya dengan keterbatasannya.

ACRA 2017 memiliki rangkaian acara yang terdiri dari ACRA Band Competition, Pre-Event ACRA (Mall Campaign-Talkshow “See the able not the label”), dan Charity Music Concert ACRA 2017. Barasuara turut meramaikan gerakan ini sebagai bintang tamu dalam konser musik amal ACRA 2017. Selain Barasuara, akan ada banyak pengisi acara yang ikut memeriahkan acara ini, seperti penampilan kolaborasi UKM seni IPB dan penampilan teman-teman musisi tuna netra dari IMJ. Sebagai wujud nyata apresiasi dan dukungan UKM MAX!!, sebagian hasil dari penjualan tiket konser akan kami berikan bagi para anak-anak calon musisi masa depan melalui Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC). 

Konser musik amal ACRA 2017 akan diselenggarakan tanggal 2 Desember 2017 di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) IPB Dramaga. Tiket bisa dibeli melalui contact person ACRA 2017 di 087885663164 (Manda)/ 0895613406902 (Diana), atau datang langsung ke official ticket booth ACRA 2017 di Media Center IPB Dramaga dan ATM Center IPB Diploma jam 09.00-17.00.

SHARE